KONSEP KETUHANAN KITAB SYEIKH ZAINAL ABIDIN BIN MUHAMMAD AL FATANI (TUAN MINAL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMANTAPAN TAUHID ULUHIYYAH (STUDY TENTANG KITAB AL NAJIN)

Mansor Bin Md Dahlan, (2011) KONSEP KETUHANAN KITAB SYEIKH ZAINAL ABIDIN BIN MUHAMMAD AL FATANI (TUAN MINAL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMANTAPAN TAUHID ULUHIYYAH (STUDY TENTANG KITAB AL NAJIN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201114.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konsep Ketuhanan Kitab Syeikh Zainal Abidin Bin Muhammad Al Fatani (Tuan Minal) Dan Pengaruhnya Terhadap Pemantapan Tauhid Uluhiyyah (Study Tentang Kitab al Najin)”. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa konsep ketuhanan tauhid Uluhiyyah dari pemikiran Syeikh Zainal Abidin Bin Muhammad Al Fatani (Tuan Minal) yang telah membangunkan metode istighna’ dan iftiqar. Hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan konsep ketuhanan yang sesungguhnya dalam ilmu Aqidah. Kitab Aqidah al-Najin, karya fundamental Tuan Minal, mempunyai pengaruh yang luar biasa bagi pemantapan tauhid Uluhiyyah. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah library research. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kitab Aqidah al Najin karya Tuan Minal, sedangkan objek penelitian adalah konsep ketuhanan secara umum dan konsep istighna’ dan iftiqar secara khusus. Dalam menulis penelitian ini, penulis menggunakan teknik induktif, deduktif, dan komperatif dengan pendekatan content analysis. Di akhir penilitan ini, penulis menghasilkan kesimpulan bahwa konsep ketuhanan yang sesungguhnya, menurut Tuan Minal, adalah seperti yang terdapat di dalam kitabnya Aqidah al Najin. Konsep tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi pemahaman dan pemantapan konsep tauhid Uluhiyyah yang membatasi keimanan dan kekufuran seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Dec 2015 07:00
Last Modified: 23 Dec 2015 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item