PENGGUNAAN HAND OUT DALAM BENTUK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X3 SMA YLPI P. MARPOYAN PEKANBARU

Rokhmayanti, (2011) PENGGUNAAN HAND OUT DALAM BENTUK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X3 SMA YLPI P. MARPOYAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011437.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar kimia siswa kelas X3 SMA YLPI P. Marpoyan kecamatan Bukit Raya Kota Madya Pekanbaru melalui penggunaan hand out dalam bentuk cerita bergambar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase motivasi siswa sebelum tindakan adalah 49,4 %, siklus I 53,8 %, siklus II 60,9 %, dan siklus III 76,4 %, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan hand out dalam bentuk cerita bergambar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:05
Last Modified: 18 Jan 2016 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item