PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK DI KELAS X SMK DAR EL HIKMAH PEKANBARU

Mariyasni, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK DI KELAS X SMK DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011418.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran kimia di kelas X belum memuaskan. Faktor yang menyebabkan hasil belajar rendah diantaranya sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyelesaian dari teman ataupun guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Card Sort. Model pembelajaran Card Sort merupakan kegiatan pembelajaran aktif yang biasa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang objek atau mereview informasi. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamisir kelas yang jenuh atau bosan. Hasil analis data pada penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran mengalami peningkatan, ini terlihat dari persentase ketuntasan klasikal setiap siklus yaitu ; pada siklus pertama hanya 11 orang ( 47,82% ) siswa yang tuntas dengan rata-rata ketuntasan 63,9%, dan pada siklus kedua siswa yang tuntas sudah 21 orang ( 91,3% ) dengan rata-rata ketuntasan 69,13%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 06:58
Last Modified: 18 Jan 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item