PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

RUDI HARTONO, (2018) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018781PAI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018781PAI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018781PAI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018781PAI.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018781PAI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018781PAI.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018781PAI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018781PAI.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018781PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018781PAI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018781PAI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keterampilan guru dalam membuka pelajaran sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam membuka pelajaran dan kesiapan belajar siswa. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa kelas X, XI dan XII dengan jumlah 745 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan Proportionate Statified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari perhitungan di atas, hasil dari rxy adalah 0,331 dan berdasarkan nilai koefisien korelasi “r” product moment taraf signifikan 5%, 0,331 lebih besar dari 0,232 dan taraf signifikan 1% maka 0,331 lebih besar dari 0, 302. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis altenatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini berupa “terdapat pengaruh yang signifikan antara Keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru” dapat diterima dan H0 ditolak. Dan nilai rxy 0,331 berada pada tingkat interpretasi 0,200-0,400 yang berarti korelasinya lemah atau rendah. Kata Kunci: Keterampilan Guru Membuka Pelajaran, Kesiapan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 May 2019 04:45
Last Modified: 29 May 2019 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item