RUDI HARTONO (2018) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018781PAI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018781PAI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018781PAI.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018781PAI.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018781PAI.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018781PAI.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018781PAI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018781PAI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018781PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018781PAI.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018781PAI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keterampilan guru dalam membuka pelajaran sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Pekanbaru . Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam membuka pelajaran dan kesiapan belajar siswa. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang dan seluruh siswa kelas X, XI dan XII dengan jumlah 745 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan Proportionate Statified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari perhitungan di atas, hasil dari rxy adalah 0,331 dan berdasarkan nilai koefisien korelasi “r” product moment taraf signifikan 5%, 0,331 lebih besar dari 0,232 dan taraf signifikan 1% maka 0,331 lebih besar dari 0, 302. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis altenatif (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini berupa “terdapat pengaruh yang signifikan antara Keterampilan guru dalam membuka pelajaran terhadap kesiapan belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru” dapat diterima dan H0 ditolak. Dan nilai rxy 0,331 berada pada tingkat interpretasi 0,200-0,400 yang berarti korelasinya lemah atau rendah. Kata Kunci: Keterampilan Guru Membuka Pelajaran, Kesiapan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 04:45 |
Last Modified: | 29 May 2019 04:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13522 |
Actions (login required)
View Item |