PENGARUH PEMBERIAN “TABUNGAN BINTANG” (TOKEN EKONOMI) TERHADAP PENURUNAN DISRUPTIVE BEHAVIOR PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Ulya Rahmah, (2018) PENGARUH PEMBERIAN “TABUNGAN BINTANG” (TOKEN EKONOMI) TERHADAP PENURUNAN DISRUPTIVE BEHAVIOR PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201847PSI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201847PSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201847PSI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201847PSI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201847PSI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201847PSI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201847PSI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201847PSI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201847PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201847PSI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201847PSI.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Disruptive behavior berdampak negatif pada diri anak maupun lingkungannya, seperti: proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi tidak kondusif, mengganggu kegiatan belajar semua siswa dan ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas. Apabila disruptive behavior anak tidak sedini mungkin ditangani maka dikhawatirkan akan berlanjut hingga proses perkembangan berikutnya. Maka dari itu perlu adanya intervensi yang dapat menurunkan disruptive behavior anak di kelas. Teknik modifikasi perilaku di anggap mampu untuk menurunkan disruptive behavior. Oleh karena itu dalam penelitian ini menerapkan teknik token ekonomi berupa tabungan bintang yang berupa penghargaan untuk menurunkan disruptive behavior siswa TK. Penelitian ini dilakukan pada siswa TK kelompok B menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 5 orang kelompok kontrol dan 6 orang kelompok eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi yang terdiri dari 8 aitem. Teknik analisis data menggunakan Mann Whitney U Test. Penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai taraf signifikansi p=0,009. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor untuk disruptive behavior yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen rerata skor pada saat pre-test 10,60 dan pada saat post-test 4,60 dari perbandingan nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor untuk disruptive behavior yang signifikan sebesar 6.00 setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik token ekonomi berupa tabungan bintang berpengaruh terhadap penurunan perilaku disruptive behavior anak di TK/RA Al-Fityah. Kata Kunci: Token Ekonomi, Disruptive Behavior.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 29 May 2019 03:50
Last Modified: 29 May 2019 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13515

Actions (login required)

View Item View Item