HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

TARI SUSILAWATI, (2018) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018779PGMI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018779PGMI.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018779PGMI.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018779PGMI.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018779PGMI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018779PGMI.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018779PGMI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018779PGMI.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018779PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018779PGMI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018779PGMI.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 192 orang. Peneliti mengambil sampel sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling, yaitu dengan pengambilan anggota sampel dari populasi secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hasil tersebut terbukti dari nilai r hitung lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% atau 0,284 <0,694>0,368 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tergolong pada kategori kuat, karenai nilai koefisien korelasi gaya belajar dengan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,694 terletak pada interval Koefisien 0,60 – 0,799. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 May 2019 03:46
Last Modified: 29 May 2019 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13511

Actions (login required)

View Item View Item