STUDI KOMPARASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD DAN METODE DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI

ULVI NIKMAWATI M, (2018) STUDI KOMPARASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD DAN METODE DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018770PK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018770PK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018770PK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018770PK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018770PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018770PK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018770PK.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018770PK.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018770PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018770PK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018770PK.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi. Salah satu penerapan model Guided Discovery Learning dan metode latihan bertujuan untuk penemuan suatu konsep yang ditemukan secara mandiri dan latihan yang teratur untuk memperbaiki cara belajarnya agar siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman konsep siswa Kelas X MIA 2 yang menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method dibandingkan kelas X MIA 3 yang menggunakan model Guided Discovery Learning dengan metode Drill pada pokok bahasan stoikiometri. Hasil pemahaman konsep siswa dapat diketahui dengan memberikan soal tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu X MIA 2 dan X MIA 3 yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian pemahaman konsep siswa diuji dengan menggunakan rumus t-test komparasi independen . Hasil pengolahan data diperoleh – ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel. (-1,68 < 2,28 > 1,68), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang signifikan anatara variabel model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method dibandingkan model Guided Discovery Learning dengan Metode Drill pada pokok bahasan stoikiometri dikelas X SMA Negeri 1 Tambang dengan perolehan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas X MIA 2 sebesar 0,74 menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method sedangakan kelas X MIA 3 sebesar 0,66 menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Metode Drill. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Structure Exercise Method, Metode Drill, Pemahaman Konsep Siswa dan Stoikiometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 May 2019 02:52
Last Modified: 29 May 2019 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item