ULVI NIKMAWATI M (2018) STUDI KOMPARASI MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN STRUCTURE EXERCISE METHOD DAN METODE DRILL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018770PK.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018770PK.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018770PK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018770PK.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018770PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018770PK.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018770PK.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018770PK.pdf Download (591kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018770PK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018770PK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018770PK.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi. Salah satu penerapan model Guided Discovery Learning dan metode latihan bertujuan untuk penemuan suatu konsep yang ditemukan secara mandiri dan latihan yang teratur untuk memperbaiki cara belajarnya agar siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman konsep siswa Kelas X MIA 2 yang menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method dibandingkan kelas X MIA 3 yang menggunakan model Guided Discovery Learning dengan metode Drill pada pokok bahasan stoikiometri. Hasil pemahaman konsep siswa dapat diketahui dengan memberikan soal tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu X MIA 2 dan X MIA 3 yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan dan penelitian pemahaman konsep siswa diuji dengan menggunakan rumus t-test komparasi independen . Hasil pengolahan data diperoleh – ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel. (-1,68 < 2,28 > 1,68), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang signifikan anatara variabel model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method dibandingkan model Guided Discovery Learning dengan Metode Drill pada pokok bahasan stoikiometri dikelas X SMA Negeri 1 Tambang dengan perolehan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas X MIA 2 sebesar 0,74 menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Structure Exercise Method sedangakan kelas X MIA 3 sebesar 0,66 menggunakan model Guided Discovery Learning dengan Metode Drill. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Structure Exercise Method, Metode Drill, Pemahaman Konsep Siswa dan Stoikiometri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 02:52 |
Last Modified: | 29 May 2019 02:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13490 |
Actions (login required)
View Item |