PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA NEGERI 1 RANGSANG KECAMATAN RANGSANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Sopiatun, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X2 SMA NEGERI 1 RANGSANG KECAMATAN RANGSANG KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011402.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian Tindakan Kelas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick pada siswa kelas X2 SMA Negeri I Rangsang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Observasi yang dilakukan 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick dan tiga pertemuan lagi menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah sebesar 53,95, sedangkan pada siklus I sebesar 64,74, pada siklus II sebesar 73,42, dan pada siklus III sebesar 79,47, yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X2 SMA Negeri I Rangsang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:13
Last Modified: 18 Jan 2016 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item