PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP DAYA INGAT KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SMP

Ganda Kurnia Putra, (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP DAYA INGAT KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201836PSI.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201836PSI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201836PSI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201836PSI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201836PSI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201836PSI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201836PSI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201836PSI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201836PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201836PSI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201836PSI.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Menguasai materi atau grammar dapat dikatakan belum cukup untuk membuat seseorang dapat lancar berbicara dalam Bahasa Inggris dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Hal terpenting yang kadang dilupakan para pembelajar Bahasa Inggris adalah vocabulary (kosa kata). Tujuan penelitian ini adalah menemukan apakah ada perbedaan yang terjadi pada daya ingat kosakata Bahasa Inggris siswa setelah belajar menggunakan media permainan scrabble. Penelitian ini menggunakan desain non-randomized pretest posttest control group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dan dilakukan pada bulan Agustus-September 2017 dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebanyak 70 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Hasil analisa independent sample t-test diperoleh nilai t = 6,894, dengan signifikansi 0,000, p ≤ 0,01. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan scrabble berpengaruh secara signifikan terhadap daya ingat. Penelitian juga menunjukkan bahwa kosa kata yang dapat diingat oleh kelompok eksperimen meningkat setelah diberikannya perlakuan. Rata-rata kosa kata yang diingat oleh kelompok eksperimen pada saat pretest adalah sebanyak 15,885 sedangkan pada posttest rata-rata kosa kata yang dapat diingat adalah sebanyak 23,057. Peningkatan skor yang terjadi setelah diberi perlakuan adalah sebanyak 7,171 atau meningkat sebanyak 23,90%. Kata Kunci: media permainan, scrabble, daya ingat, kosakata, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 28 May 2019 08:25
Last Modified: 28 May 2019 08:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item View Item