Ganda Kurnia Putra (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP DAYA INGAT KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201836PSI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201836PSI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201836PSI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201836PSI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201836PSI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201836PSI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201836PSI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201836PSI.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201836PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201836PSI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201836PSI.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Menguasai materi atau grammar dapat dikatakan belum cukup untuk membuat seseorang dapat lancar berbicara dalam Bahasa Inggris dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Hal terpenting yang kadang dilupakan para pembelajar Bahasa Inggris adalah vocabulary (kosa kata). Tujuan penelitian ini adalah menemukan apakah ada perbedaan yang terjadi pada daya ingat kosakata Bahasa Inggris siswa setelah belajar menggunakan media permainan scrabble. Penelitian ini menggunakan desain non-randomized pretest posttest control group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dan dilakukan pada bulan Agustus-September 2017 dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebanyak 70 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Hasil analisa independent sample t-test diperoleh nilai t = 6,894, dengan signifikansi 0,000, p ≤ 0,01. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan scrabble berpengaruh secara signifikan terhadap daya ingat. Penelitian juga menunjukkan bahwa kosa kata yang dapat diingat oleh kelompok eksperimen meningkat setelah diberikannya perlakuan. Rata-rata kosa kata yang diingat oleh kelompok eksperimen pada saat pretest adalah sebanyak 15,885 sedangkan pada posttest rata-rata kosa kata yang dapat diingat adalah sebanyak 23,057. Peningkatan skor yang terjadi setelah diberi perlakuan adalah sebanyak 7,171 atau meningkat sebanyak 23,90%. Kata Kunci: media permainan, scrabble, daya ingat, kosakata, siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 28 May 2019 08:25 |
Last Modified: | 28 May 2019 08:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13460 |
Actions (login required)
View Item |