PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG

Roswati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011338.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa hasil belajar IPA khususnya pada pelajaran kimia umumnya rendah, dikarenakan kurangnya fasilitas laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran kimia, kurangnya alat peraga sehingga kurang menimbulkan motivasi siswa untuk mengemukakan ide-ide, serta kurangnya keterampilan sosial siswa dalam penerapan konsep, sehingga siswa lebih banyak belajar teori dari pada praktek labor. Dan faktor lainnya adalah sulitnya siswa memahami materi sehingga siswa tidak mampu memotivasi teman untuk memberikan pendapat atau ide, sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyesalan dari teman kelompok ataupun guru, dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan. Disamping itu ada sebagian siswa yang masih belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan masih kurangnya siswa dalam bertanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan seperti telah diuraikan sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Hal ini tergambar dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh oleh siswa telah sesuai dengan ketetapan ketuntasan belajar yang ditetapkan di kelas tersebut. hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sesuai dengan yang ditetapkan, dimana dari 24 orang siswa sudah tuntas sebanyak 20 orang siswa, atau berada di atas ketuntasan secara klasikal (75%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:09
Last Modified: 18 Jan 2016 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item