PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TUALANG

TENGKU ROZALINA ZAHERA, (2018) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018738PAI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018738PAI.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018738PAI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018738PAI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018738PAI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018738PAI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018738PAI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018738PAI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018738PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018738PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018738PAI.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti Kerohanian Islam (ROHIS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tualang. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti Kerohanian Islam (ROHIS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas X dan XI yang ikut serta dalam Kerohanian Islam (ROHIS) yang berjumlah 50 orang. Dikarenakan jumlah populasi yang sedikit maka sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tersebut dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan mengikuti Kerohanian Islam (ROHIS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tualang dianalisis dengan statistik teknik korelasi product moment. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti Kerohanian Islam (ROHIS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tualang. Hal ini dibuktikan oleh uji korelasi dengan nilai robservasi sebesar 0,690 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,273 dan 0,354 atau (0,273< 0,690> 0,354). Hasil analisis keaktifan mengikuti Kerohanian Islam (ROHIS) diperoleh angka sebesar 83% atau pada kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh angka 75,20 atau pada kategori baik. Kata Kunci: Keaktifan, Kerohanian Islam, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 28 May 2019 07:07
Last Modified: 28 May 2019 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item