Abdul Cholik Shabara (2018) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA MAN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER _201827PS.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN _201827PSI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK _201827PSI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR _201827PSI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI _201827PSI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201827PSI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201827PSI.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201827PSI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201827PSI.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201827PSI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA _201827PSI.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penyesuaian sosial menjadi hal penting bagi siswa dalam berinteraksi dan berbaur dengan lingkungannya terutama dalam lingkungan sekolah. Untuk melakukan penyesuaian sosial dengan baik siswa memerlukan konsep diri yang positif dan menerima dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian sosial pada siswa MAN Siak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan 3 MAN Siak yang berjumlah 176 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri, skala dukungan sosial, dan skala penyesuaian sosial. Analisis data menggunakan teknik Multiple Regression dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian sosial siswa, yang terlihat dari nilai F=48.454 dan nilai signifikasi p=0.000. Konsep diri dan dukungan sosial secara bersama-sama dapat menjelaskan tinggi rendahnya penyesuaian sosial sebesar 35,8%. Artinya ada hubungan positif antara konsep diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian sosial. Berdasarkan hasil penelitian, penyesuaian sosial dapat berjalan dengan baik jika siswa memiliki konsep diri yang positif dan mendapatkan dukungan sosial dilingkunganya. Kata kunci : Konsep diri, Dukungan sosial, Penyesuaian sosial, Siswa madrasah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:04 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13417 |
Actions (login required)
View Item |