PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN BERTANYA GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

SITI MUNJAYANAH, (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN BERTANYA GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018729PAI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018729PAI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018729PAI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018729PAI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018729PAI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018729PAI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018729PAI.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018729PAI.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018729PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018729PAI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018729PAI.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah persepsi siswa tentang keterampilan guru bertanya Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 417 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling sebesar 25% dengan jumlah 50 orang siswa XI MIPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Untuk menganalisanya penulis menggunakan teknik korelasi product moment dan bantuan program SPSS Windows for Ver.16. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru tergolong “positif” dengan persentase 72,18 %. Sedangkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru tergolong “Tinggi” dengan persentase 76,18 %. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,534. Nilai probabilitas < 0,05 (0,000< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan kontribusi pengaruh pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,6%. Dan selebihnya yakni 71,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kata Kunci: Persepsi siswa, Keterampilan Bertanya Guru, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 May 2019 04:04
Last Modified: 27 May 2019 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13415

Actions (login required)

View Item View Item