PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Martilis, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DARUSSAKINAH BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011280.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, penulis menemukan gejala-gejala dalam proses pembelajaran Kimia, yaitu sebagai berikut: 1) Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru hal ini terlihat ketika dilakukan post test sebagian besar siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan, 2) Hasil ujian semester mata pelajaran kimia hampir 60% dari jumlah siswa mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan terutama pada pelajaran MA Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kimia Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar semester genap tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X MA Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran kimia pada pokok bahasan minyak bumi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada ulangan harian I meningkat dibandingkan skor dasar. Pada skor dasar rata- rata hasil belajar siswa sebesar 54,5% setelah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) meningkat menjadi 63,6% sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,4%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:52
Last Modified: 18 Jan 2016 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item