PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON DI KELAS XII IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMAN) 3 TELUK KUANTAN

Rini Indrawati, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENYAWA KARBON DI KELAS XII IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMAN) 3 TELUK KUANTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011272.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya pembaharuan metode pembelajaran Kimia di dalam kelas sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa terhadap materi pembelajaran sangat rendah. Guru masih melaksanakan pembelajaran umumnya berkolaborasi antara metode ceramah dan Tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran Senyawa Karbon di Kelas XII IPA SMAN 3 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Sengingi dengan menggunkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 3 Teluk Kuantan dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah mencapai ketuntasan belajar siswa kelas XII IPA SMAN 3 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa ada hambatan yang menggangu kelancaran penelitian, Peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan / persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Rata-rata nilai ketuntasan sebelum tindakan, dikategorikan rendah yaitu 59,09%, sedangkan pada siklus I setelah tindakan rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal 63,63%, pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal 77,27% dan pada siklus III rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal 90,90%. Dar penjelasan diatas menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran senyawa karbon di kelas XII IPA SMAN 3 Teluk Kuantan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:51
Last Modified: 18 Jan 2016 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item