ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA SIFAT DALAM KARANGAN (INSYA’) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN AL-KAUTSAR PEKANBARU

IMAM WAHYUDI, (2018) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA SIFAT DALAM KARANGAN (INSYA’) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN AL-KAUTSAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018709PBA.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018709PBA.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018709PBA.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018709PBA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018709PBA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018709PBA.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018709PBA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018709PBA.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018709PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018709PBA.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018709PBA.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan – kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa Kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru tahun ajaran 2017-2018. Adapun desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualittatif. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui analisa, ujian dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis kesalahan-kesalahan sintaksis, khususnya pada kata sifat yang dilakukan dengan empat tahap. Pertama, mengidentifikasi kesalahan. Kedua, mengklasifikasikan kesalahan. Ketiga, memperbaiki kesalahan. Keempat, menjelaskan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah seluruh kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru tahun ajaran 2017-2018 adalah 312 kesalahan dengan rincian sebagai berikut : kesalahan dalam dilalah 12 kesalahan (3,84%), i’rob 187 kesalahan (59,93%), imla’ 45 kesalahan (14,42%), ta’rif dan tankir 38 kesalahan (12,17%), tadzkir dan ta’nits 10 kesalahan (3,20%), huruf ma’ani 14 kesalahan (4,48%), uslub 3 kesalahan (0,96%), mu’jam 2 kesalahan (0,64%), dhomair 1 kesalahan (0,32%). Adapun kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan pada i’rob yang mana jumlahnya mencapai 187 kesalahan (59,93%). Dan kesalahan yang paling sedikit adalah kesalahan pada dhomair yang jumlahnya hanya 1 kesalahan (0,32%). Diantara faktor-faktor kesalahan-kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru, yaitu : 1- Lemahnya penguasaan qowaid sintaksis dan kurangnya kosa kata. 2- Kurangnya praktek bahasa lisan ke dalam bahasa tulisan. 3- Pengaruh karakteristik bahasa ibu terhadap bahasa kedua ( bahasa Arab ). Kata Kunci: Analisis, Kata Sifat, Insya’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 May 2019 02:09
Last Modified: 27 May 2019 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13395

Actions (login required)

View Item View Item