Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIA PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANGKO PUSAKO

Latifah Hanum (2018) HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIA PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANGKO PUSAKO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada Siswa SMA Negeri 4 Bangko Pusako. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara regulasi emosi dan interaksi teman sebaya dengan penyesuaian sosial pada siswa SMA Negeri 4 Bangko Pusako. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 4 Bangko Pusako, dengan subjek sebanyak 136 siswa. Subjek diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 skala, yaitu : a) skala penyesuaian sosial (48 aitem) dengan α = 0, 917, b) skala regulasi emosi (30 aitem) dengan α = 0,883, dan c) skala interaksi teman sebaya (22 aitem) dengan α = 0,870. Hasil analisis data menggunakan multiple regresi (regresi ganda) diperoleh hasil r = 0,826 F = 142, 648 dan p = 0,000 (p≤0,05). Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat hubugan antara regulasi emosi dan interaksi teman sebaya dengan penyesuain sosial pada siswa SMA Negeri 4 Bangko Pusako. Semakin tinggi kemampuan siswa dalam meregulasi emosi dan berinteraksi dengan teman sebayanya maka akan semakin tinggi pula kemampuannya dalam melakukan penyesuaian sosial di lingkungan sekitarnya, begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : Regulasi Emosi, Interaksi Teman Sebaya, Penyesuaian Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 150 ??
Divisions: ?? Psi ??
Depositing User: Users 6535 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 07:56
Last Modified: 23 May 2019 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item View Item