PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS XI SMAN 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Nen Juniati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS XI SMAN 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011168.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada pokok bahasan struktur atom ”?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar siswa. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan 3 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dua kali pertemuan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada pertemuan yang keempat yaitu tahap evaluasi. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 56,66%, pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II adalah 86,66% yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar, Struktur Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:39
Last Modified: 18 Jan 2016 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item