PENGARUH PRETEND PLAY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK PRASEKOLAH

Aulia Fitri, (2018) PENGARUH PRETEND PLAY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK PRASEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201809PSI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201809PSI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201809PSI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201809PSI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201809PSI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201809PSI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201809PSI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201809PSI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201809PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201809PSI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201809PSI.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Perilaku prososial merupakan perilaku tolong menolong dalam kehidupan sehari- hari yang memberi manfaat pada orang lain. Perilaku prososial pada anak prasekolah mencerminkan kepedulian seorang anak kepada anak yang lain, seperti menunjukkan perhatian, membantu, dan menghibur. Perilaku prososial ini dapat dipelajari melalui pembelajaran. Salah satu metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran adalah metode bermain pura-pura. Melalui metode bermain pura- pura, individu melakukan aktivitas percakapan, interaksi dengan teman yang sesuai dengan peran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan pura-pura (pretend play) terhadap perilaku prososial anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Penelitian dilaksanakan di TK Islam Mesjid Raya yang berada di kec. Rambah, Pasir Pengaraian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Hasil analisis data melalui wilcoxon paired rank test, menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.001 (p<0,05) dan nilai Z sebesar - 3.411. Artinya, ada perbedaan perilaku pada saat pretest dan posttest. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu pretend play dapat mempengaruhi perilaku prososial pada anak prasekolah. Pretend Play memiliki pengaruh untuk perilaku prososial anak karena dengan pretend play anak dapat melatih perilaku prososialnya melalui interaksi dengan teman-temannya pada permainan pura-pura atau pretend play. Kata kunci: Pretend Play, Perilaku Prososial, Anak Prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 May 2019 07:23
Last Modified: 23 May 2019 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

View Item View Item