NURHAMIMI (2018) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDHATUL HIDAYAH RANGSANG KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018676PAI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018676PAI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018676PAI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018676PAI.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018676PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018676PAI.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018676PAI.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018676PAI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018676PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018676PAI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018676PAI.pdf Download (267kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman ilmu Tajwid dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hidayah serta untuk mengetahui hubungan yang signfikan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca AlQur’an siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hidayah Rangsang Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 18 siswa. Sedangkan objeknya adalah pemahaman ilmu tajwid siswa.Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman ilmu tajwid sebagai Variabel bebas (X ) dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebagai Variabel terikat (Y ). Teknikpengambilan datamenggunakan tes dandokumentasi. Penelitian data ini dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa pemahaman ilmu tajwid siswa secara umum tergolong “cukup baik” adalah sebesar 79,44. Sedangkan kemampuan membaca Al-Quran siswa sebesar 82,5 dalam kategori “Baik Sekali”.Melalui uji SPSS korelasi Product Moment,analisis korelasi data pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Quran siswa diperoleh nilai r (person correlation) 0,595 dengan tingkat probabilitas lebih kecil dari 0,05, Interpretasi keofesien Korelasinya “sedang” maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada Hubungan antara pemahaman ilmu tajwid dengan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hidayah Rangsang Kepulauan Meranti. Kata Kunci: Hubungan, Pemahaman Ilmu Tajwid, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 May 2019 05:28 |
Last Modified: | 23 May 2019 05:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13330 |
Actions (login required)
View Item |