Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PERMAINAN CERITA BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FALAHNAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

SUCI LESTARI (2018) PENERAPAN PERMAINAN CERITA BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL FALAHNAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018671PGMI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018671PGMI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018671PGMI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018671PGMI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018671PGMI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018671PGMI.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018671PGMI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018671PGMI.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
9. BAB V_2018671PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB IV_2018671PGMI.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018671PGMI.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan permainan cerita berantai Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di antaranya, siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan siswa cenderung diam bila guru menanyakan tentang materi yang belum dipahami. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah permainan cerita berantai dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa permainan cerita berantai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 50% dengan kategori “rendah”. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 62,18% dengan kategori “cukup tinggi”. Dan pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 82,15% dengan kategori “sangat tinggi”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan cerita berantai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Permainan Cerita Berantai, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 May 2019 05:03
Last Modified: 23 May 2019 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13323

Actions (login required)

View Item View Item