PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 TAMPAN PEKANBARU

Amaliah, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 003 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013225PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research).Berdasarkanhasilpengamatan di SDN 003 Tampan Pekanbaru, ditemui beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar khususnya pada pelajaran matematika, seperti nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai KKM. Penggunaan metode dalam pembelajaran kurang bervariasi, hanya sebagian siswa yang dapat mengerjakan tugas dengan benar dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh guru.Bila siswa diberi pertanyaan oleh guru siswa cenderung tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan kepada siswa tentang materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika siswa kelas V SDN 003 Tampan Pekanbaru dengan Penerapan Quantum Teaching.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 003 Tampan Pekanbaru, tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 003 Tampan Pekanbaru. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas.Tahapan-tahapannya yaitu :perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 003 Tampan Pekanbaru pada materi pokok sifat-sifat bangun datar.Pada sebelum tindakan hanya mencapai 9 orang (26,47%) siswa yang tuntas, sedangkan 25 orang siswa (73,53%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 19 orang (55,88%) siswa yang tuntas. Sedangkan 15 orang siswa (44,12%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 24 orang (70,59%) siswa yang tuntas. Sedangkan 10 orang siswa (29,41%) belum tuntas.Sedangkan pada siklus III ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 88,24% atau sekitar 30 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 63.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 05:14
Last Modified: 23 Dec 2015 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item