PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI I TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR

Supriyani, (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI I TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201175.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu pelajaran pokok di SMA dimana siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi-materinya, dan membutuhkan metode yang tepat dan baik untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satunya adalah metode Inside Outside Circle (IOC), yang memiliki keunggulan yaitu siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inside Outside Circle (IOC) pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X1 (eksperimen) dan kelas X2 (kontrol). Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,979 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 19,59 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : inside outside circle, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:27
Last Modified: 18 Jan 2016 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item