PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

NURIKA SAPUTRI HANDAYANI, (2018) PENGARUH MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA ALQURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018638PAI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018638PAI.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018638PAI.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018638PAI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018638PAI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018638PAI.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018638PAI.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018638PAI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018638PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018638PAI.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018638PAI.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seseorang dalam membaca Alquran tidak hanya diukur oleh pengenalan akan huruf hijayah dan cara pengucapannya. Tetapi oleh ketepatan membaca Alquran dan keindahan bacaan sesuai dengan ilmu qiro’ah dan ilmu tajwid. Maka kegiatan ekstrakulikuler baca Alquran tidak dapat terpisahkan dari upaya belajar dan meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca Alquran terhadap kemampuan baca Alquran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca Alquran dan objek penelitian ini adalah kemampuan baca Alquran siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adaliah Uji Test-T,untuk mengetahui Pengaruh pengaruh kegiatan ekstrakurikuler baca Alquran terhadap kemampuan baca Alquran. Berdasarkan angket tentang kegiatan ekstrakurikuler siswa maka dapat diketahui nilai akhirnya adalah 92,34% berada pada rentang persentase 80 – 100% dengan kategori Sangat Tinggi. Kemudian Berdasarkan hasil tes kemampuan membaca alAlquran siswa melalui SPSS 16 dapat dilihat nilai Tes “t” 7,546 dengan df 35 = 1,689 (5%) dan 2,437 (1%). Maka 1,689 < 7,546 > 2,437. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan : berdasarkan analisis data di peroleh bahwa terdapat pengaruh ekstrakurikuler baca Alquran terhadap kemampuan baca Alquran di SMA Negeri 2 Tambang. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Baca Alquran, Kemampuan Membaca Alquran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 May 2019 07:24
Last Modified: 06 Jul 2019 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item