PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU

WIDYA RAHMADA NINGSIH, (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018588PAI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018588PAI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018588PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018588PAI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018588PAI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018588PAI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018588PAI.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018588PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018588PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018588PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKA_2018588PAI.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pendekatan saintifik sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Dengan rumusan masalah Apakah ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pendekatan saintifik dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru, sebanyak 465 siswa yang terdiri dari 13 kelas dan 8 jurusan. Sampel dalam penelitian ini 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas X yaitu kelas X RPL 1 dan X RPL 2 yang berjumlah 65 orang. Kelas X RPL 1 berjumlah 32 orang dan kelas X RPL 2 berjumlah 33 orang. Jadi sampel untuk siswanya berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel seperti ini disebut Purpossive Sampling, pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket, dan dokumentasi. Teknis analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment. Perhitungan data menggunakan program SPSS Versi 16.0 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,399 pada taraf signifikan 5% = 0,244 maupun pada taraf signifikan 1% 0,317. Berarti lebih besar dari pada yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,244<0,399>0,317. Dengan demikian ditolak dan diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keaktifan Belajar Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 May 2019 02:39
Last Modified: 21 May 2019 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item