Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI ANTARA TEKNIK BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Nur Yani (2011) KORELASI ANTARA TEKNIK BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 PANGKALAN KERINCI KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011862.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidssssaknya hubungan anatara dua variabel, yaitu teknik belajar dan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci pada tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian survey, yaitu penelitian yang hanya memerlukan survey untuk mendapatkan datanya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, dimana seluruh siswanya berjumlah 1053 siswa dan penelitian ini hanya diambil 10% dari jumlah populasi unutk dijadikan sampelnya yaitu dengan teknik random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini dengan dua cara, yaitu dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tetang teknik belajar matematika siswa, yang juga didukung wawancara dengan siswa secara langsung untuk mendapatkan data tentang teknik belajar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar matematika siswa dan data- data lain yang dibutuhkan pada penelitian ini, seperti keadaan sekolah, guru, siswa, dan hal- hal lain yang dianggap perlu. Teknik analisis data yang digunakan pada ini adalah analisis Anova, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang segnifikan anatara tiga variabel, dan deskriptif persentase untuk mengetahui keadan teknik belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Dari analisis data yang dilakukan maka diperoleh nilai = 222,785 yang berarti lebih besar dari harga pada taraf signifikan 5% =3,02dan 1%= 4,66 ini berarti ℎ diterima dan ℎ ditolak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa apabila teknik belajar siswa baik dan motivasi belajarnya baik maka terdapat kecenderungan hasil belajarnya akan baik pula. Maka disini peneliti perlu adanya usaha unutk meningkatkan teknik belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:53
Last Modified: 18 Jan 2016 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item