MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP DENGAN LABORATORIUM MINI PADA SISWA KELAS V SDN 010 MUARA BAHAN KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATENKUANTAN SINGINGI

Wawan Sandia Putra, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP DENGAN LABORATORIUM MINI PADA SISWA KELAS V SDN 010 MUARA BAHAN KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATENKUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011858.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah penerapan pembelajaran model pencapain konsep dengan laboratorium mini dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 010 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi”? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Pembelajaran Model Pencapaian Konsep dengan Laboratorium Mini pada Siswa Kelas V SDN 010 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Room Research, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 010 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2010/2011. Adapun objeknya adalah hasil belajar matematika melalui pembelajaran model pencapaian konsep dengan laboratorium mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar 010 (SDN) Muara Bahan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen soal tes essay, observasi, dan dokumentasi, Total skor yang diperoleh siswa setelah melakukan tindakan dijadikan sebagai data hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan klasikal 35,71%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran model pencapaian konsep dengan laboratorium mini pada siklus I ketuntasan klasikal 57,14%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran model pencapaian konsep dengan laboratorium mini dalam materi pembelajaran sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun dapat meningkatkan hasil belajar matematika (MTK) siswa kelas kelas V SDN 010 Muara Bahan Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:49
Last Modified: 18 Jan 2016 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1314

Actions (login required)

View Item View Item