PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

SITI MASITHOH NUR ARRAHMIN (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018559PMT.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018559PMT.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018559PMT.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018559PMT.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018559PMT.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018559PMT.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018559PMT.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018559PMT.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018559PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018559PMT.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018559PMT.pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP PGRI Pekanbaru. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa media pembelajaran berbasis multimedia presentasi dengan pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segiempat. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP PGRI Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran dengan multimedia presentasi berbasis konstruktivisme serta kelas VII A sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah multimedia presentasi berbasis konstruktivisme. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas multimedia presentasi berbasis konstruktivisme yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (88,85 ) dan sangat praktis (untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia presentasi berbasis konstruktivisme ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Presentasi, Kemampuan Komunikasi Matematis, Konstruktivisme, Pengembangan, SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:42
Last Modified: 06 May 2019 06:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item