Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBINGPROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

NURUL FADHILAH SYAMSIR (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBINGPROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018558PMT.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018558PMT.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018558PMT.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018558PMT.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018558PMT.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018558PMT.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IIV_2018558PMT.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018558PMT.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018558PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018558PMT.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018558PMT.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Probing-Prompting yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Dumai dengan subjek adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMP N 7 Dumai. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Probing-Prompting. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Probing-Prompting yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (87) dan sangat praktis () untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar (. Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang hasil tes kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh dan kelas kontrol memperoleh. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa matematika berbasis Probing-Prompting ini telah valid, praktis, efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Berbasis ProbingPrompting, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:38
Last Modified: 06 May 2019 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item