PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PEMBERIAN TUGAS PETA PEMIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PADANG LUAS

Nuralisanah, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PEMBERIAN TUGAS PETA PEMIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PADANG LUAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011828.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika sisiwa kelas VIII SMP Muhammadiyah Padang Luas setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajran cooperatif tipe jigsaw dengan pemberian tugas peta pikiran. Dalam penelitian ini rumusan masalaw dengan pemberian tugas peta pikiran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ Apakah penerapan model pembelajran cooperatif tipe jigsaw dengan pemberian tugas peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Padang Luas pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dikelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratan kemampuan siswa didalam kelas dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek-praktek dikelas secara propesional. Subjek dalam penelitian ini adalah sisiwa kelas VIII SMP Muhammadiyah Padang Luas Pada Semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Penelitian ini dilakukan 7 kali tatap muka dengan rincian 1 kali tampa penerapan, 6 kali dengan penerapan model pembelajran cooperatif tipe jigsaw dengan pemberian tugas peta pikiran. Dokumentasi digukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes “t” untuk sampel berkorelasi. ` Dalam analisis data yang dilakukan mengenai penerapan penerapan model pembelajran cooperatif tipe jigsaw diperoleh nilai t0=7,647 yang berarti lebih besar dari harga “t” pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf singnifikan 1% dengan demikian hipotesis tindakan dalam tindakan dalam penelitian diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajran cooperatif tipe jigsaw dengan pemberian tugas peta pikiran dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa kelas VIII SMP Muhammadiyah. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar metematika siswa yaitu pertemuan I (sebelum tindakan) rata-ratanya 57,78 sedengkan setelah tindakan (siklus I) rata-ratanya hasil belajarnya 62,22, pada siklus II 67,41 dan pada siklus III 71,67.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:42
Last Modified: 18 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item