PENERAPAN TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN SALAFIYAH NUR HIDAYAH BENCAH KELUBI KECAMATAN TAPUNG

Rita Murni, (2011) PENERAPAN TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN SALAFIYAH NUR HIDAYAH BENCAH KELUBI KECAMATAN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011815.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat belajar matematika siswa kelas VIIIa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Salafiyah Nur Hidayah Bencah Kelubi Kecamatan Tapung melalui Metode Belajar Insiden Outside Circle Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan kreatifitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran, kemauan siswa untuk belajar masih rendah dan minat belajar yang mereka peroleh juga masih rendah. Sebagian guru mengajar menggunakan pendekatan konvensional Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Salafiyah Nur Hidayah Bencah Kelubi Kecamatan Tapung pada semester genap tahun ajaran 2011, karena kelas VIIIa minat belajar matematikanya rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas yaitu salah satunya meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kamampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik- praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, observasi, dan dokumentasi. Pada pertemuan awal penulis yang melaksanakan tindakan (tanpa penerapan) dan 2 (dua) orang guru sebagai pengamat. Begitu juga pada siklus I, siklus II dan siklus III, penulis yang melaksanakan tindakan sedangkan guru bidang studi matematika dan wali kelas sebagai pengamat, yang diamati yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan keadaan siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika disetiap akhir pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Dari analisis data tindakan yang dilakukan mengenai penerapan Metode Belajar Insiden Outside Circle .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:41
Last Modified: 18 Jan 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item