Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR KIRI TENGAH

RANI SAFITRI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR KIRI TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan adversity quotient siswa SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dan desain penelitian ini adalah posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah yang berjumlah 307 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan open ended dan VIII.4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh: 1) pada taraf signifikan 5% diperoleh 6,09 > 2,018. Artinya hasil peneliti peroleh bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diterapkan pendekatan open ended dengan siswa yang diterapkan pembelajaran langsung. Dengan rerata kelas ekperimen 79,18 dan rerata kelas kontrol 71,82. 2) pada taraf signifikan 5% diperoleh 0,205 < 3,245. Artinya tidak terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan adversity quotient tinggi, sedang dan rendah. 3) pada taraf signifikan 5% diperoleh 3,150 < 3,25. Artinya tidak terdapat interaksi antara penerapan open ended dengan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan open ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah Tahun Pelajaran 2017/208 M. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pendekatan Open Ended, Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 03:36
Last Modified: 02 May 2019 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item