PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

NUR AZALINA, (2018) PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018540PAI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018540PAI.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018540PAI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018540PAI.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018540PAI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018540PAI.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018540PAI.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018540PAI.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018540PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018540PAI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018540PAI.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa interaksi guru dengan siswa di kelas mempengaruhi perilaku sosial siswa yang diajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi guru terhadap perilaku sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah interaksi guru dan perilaku sosial siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang Muslim dengan jumlah 290. Sampel ditarik 20% dengan jumlah 58 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak, bertingkat dan seimbang. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunkaan teknik kuesioner atau angket yang disusun berdasarkan Skala Likert dimana setiap pertanyaan/pernyataan disediakan empat alternatif jawaban yaitu Selalu dengan bobot 4, Sering dengan bobot 3, Kadang-kadang dengan bobot 2 dan Tidak Pernah dengan bobot 1. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan dua cara yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase dan analisis korelasi product moment yang dilanjutkan dengan analisis koefisien diterminasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa interaksi guru Pendidikan Agama Islam dengan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar berada pada kategori “baik” dengan persentase 78,42%, perilaku sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar berada pada kategori “baik” dengan persentase 68,75%. Hasil keseluruhan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan interaksi guru dengan perilaku sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar dengan koefisien korelasi sebesar 0,623 dan probabilitas 0.000. Adapun besarnya pengaruh atau konstribusi variabel interaksi guru terhadap variabel perilaku sosial siswa sebesar 38,8% sedangkan sisanya yakni 61,2% dipenagruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Interaksi Guru dan Siswa, Perilaku Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 03:25
Last Modified: 02 May 2019 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13036

Actions (login required)

View Item View Item