PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

YUHARDI, (2018) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018539PAI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018539PAI.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018539PAI.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018539PAI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018539PAI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018539PAI.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018539PAI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018539PAI.pdf

Download (994kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018539PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018539PAI.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018539PAI.pdf

Download (990kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, diketahui bahwa keterampilan guru dalam membuka pelajaran masih tergolong rendah, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya minal belajar siswa. hal ini terlihat dari gejala-gejala yang dijumpai dilapangan, yaitu: 1) guru masih cenderung monoton dan tidak ada tanya jawab pada saat awal pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat dalam belajar, 2) ketika siswa diminta untuk menyampaikan materi sebelumnya, hanya sebagian siswa yang dengan kemauannya sendiri bersedia menyebutkannya. guru hanya diam saja dan tidak berusaha menunjuk siswa yang lain agar mau memberikan pendapatnya, dan 3) ketika guru masuk ke ruang kelas, guru langsung duduk. Sekalikali guru berdiri di sudut tanpa banyak gerak, sehingga membuat siswa mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara keterampilan membuka pelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar, sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah pengaruh keterampilan membuka pelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa–siswi SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar yaitu berjumlah 430. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh yang signifikan antara keterampilan membuka pelajaran dengan tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Tambang Kabupaten Kampar, hal ini dapat dilihat dari hasil rxy lebih besar dari r tabel baik taraf signifikan 5% maupun taraf 1% (0,159 < 3,181> 0,210) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, karena rxy > rt pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Kata Kunci: Keterampilan Membuka Pelajaran, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 03:23
Last Modified: 02 May 2019 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item