Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU

ERMA SUSANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”.Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah PretestPosttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.3 dan VIII.4, di mana kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Pair Checks dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam analisis data digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari perbandingan to dengan tt, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (4,810 > 2,00) dan pada taraf 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (4,810 > 2,65). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model kooperatif tipe pair checks dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 03:02
Last Modified: 02 May 2019 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13024

Actions (login required)

View Item View Item