PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN

Trin Arini, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011794.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri I Kerumutan Kabupaten Pelalawan pada Kompetensi Dasar Segiempat dan Segitiga. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Kerumutan Kabupaten Pelalawan ?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Kerumutan Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi, dan tes. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali dengan 3 kali tindakan melalui penerapan strategi pembelajaran Inkuiri. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru, dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 70 sebanyak 70% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti melakukan tes dan data kemudian dianalisis. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan hasilnya hanya 51,4% dan jumlah seluruh siswa atau 18 orang siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan. Pada siklus I ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa meningkat dan diperoleh hasil 62,8% dan jumlah seluruh siswa atau 22 orang siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil pemahaman konsep matematika siswa yaitu 68,6% dari jumlah seluruh siswa atau 24 orang siswa yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan ketuntasan hasil pemahaman konsep matematika siswa yaitu 77,1% dari jumlah seluruh siswa atau 27 orang siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIIB SMP Negeri 1 Kerumutan Kabupaten Pelalawan. Hal ini dapat dilihat dan peningkatan hasil pemahaman konsep matematika siswa pada sebelum dan sesudah tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:33
Last Modified: 18 Jan 2016 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item