PENGARUH PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MAN 2 MODEL PEKANBARU

DEFRY AULIA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MAN 2 MODEL PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018530PMT.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018530PMT.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018530PMT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018530PMT.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018530PMT.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018530PMT.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018530PMT.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018530PMT.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018530PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018530PMT.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018530PMT.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X MAN 2 Model Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan model pencapaian konsep dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X MAN 2 Model Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran pencapaian konsep sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas satu pertemuan untuk mengadakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji F untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen adalah 79,04 sedangkan rata-rata nilai siswa di kelas kontrol adalah 66,7. Dari rata-rata yang diperoleh menunjukkan terdapat perbedaaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran pencapaian konsep dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Artinya dari adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X MAN 2 Model Pekanbaru, hal ini juga terlihat dari uji tes-t didapat sebesar 2,5343 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,01.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 02:45
Last Modified: 02 May 2019 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item