MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE ONE MINUTE TEACHER PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII.B MTs DARUL QURAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Suhardi, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE ONE MINUTE TEACHER PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT KELAS VII.B MTs DARUL QURAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011790.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan strategi pembelajaran the one minute teacher pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII.B MTs Darul Quran Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Tahun Pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.B MTs Darul Quran yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dengan kemampuan siswa yang bersifat heterogen. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan diketahui bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VII.B tergolong rendah. Untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar matematika siswa, dilakukan dengan Observasi sebanyak tiga kali, terdiri dari satu kali tanpa tindakan dan dua kali dengan tindakan. Observasi ini dilakukan oleh satu orang observer dengan mengamati proses pembelajaran secara lansung. Kemudian, observer mengisi lembar observasi tentang indikator motivasi belajar matematika siswa. Perkembangan motivasi belajar matematika siswa dapat diketahui melalui jumlah bobot yang diperoleh masing-masing siswa yang disebut sebagai “skor”. Skor yang menjadi target secara individual adalah ≥ 17 sedangkan standar keberhasilan dari penerapan strategi pembelajaran the one minute teacher secara klasikal adalah 85% dari jumlah siswa skornya ≥ 17. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif maka berdasarkan tabel IV.5 dan IV.13, terlihat bahwa sebelum penerapan strategi pembelajaran the one minute teacher ada 7 siswa (25,9%) yang termotivasi, 6 siswa (22,2%) yang kurang termotivasi dan 14 siswa (51,9%) yang tidak termotivasi. Sedangkan setelah penerapan strategi pembelajaran the one minute teacher, terdapat 25 siswa (92,6%) yang termotivasi, 2 siswa (7,41%) yang kurang termotivasi dan 0 siswa (0%) yang tidak termotivasi. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh fakta bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran the one minute teacher dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII.B MTs Darul Quran Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan bilangan bulat, dan penerapan ini dikategorikan berhasil karena mengarah pada tercapainya tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:28
Last Modified: 18 Jan 2016 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item