Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS PROVINSI RIAU

KIKI MAYASAROH (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018516PAI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018516PAI.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018516PAI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018516PAI.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018516PAI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018516PAI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018516PAI.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018516PAI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018516PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018516PAI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018516PAI.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau. Sedangkan objek penelitian ini adalah persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau yang berjumlah 192 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan teknik proportionated stratified random sampling sebesar 25% dengan jumlah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Untuk menganalisanya penulis menggunakan teknik korelasi product moment dan bantuan program SPSS Windows for Ver.16. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam tergolong “ sangat positif” dengan persentase 88,45 %. Sedangkan minat belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau tergolong “Tinggi” dengan persentase 80,56 %. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Plus Provinsi Riau. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,403. Nilai ini lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,288 <0,403>0,372. Dengan demikian hipotesa alternatif yang diajukan dalam penelitian ini yakni “ada pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau” diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Adapun besar pengaruh atau kontribusi persepsi siswa tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri Plus Provinsi Riau adalah sebesar 16,24% selebihnya yakni 83,76% ditentukan oleh variabel lain. Kata Kunci : Persepsi siswa, gaya mengajar guru, minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 02:04
Last Modified: 02 May 2019 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item