IMPLEMENTASI AKHLAKUL KARIMAH DIKALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Marina, (2008) IMPLEMENTASI AKHLAKUL KARIMAH DIKALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2008_2011135.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Usaha membentuk manusia berakhlakul karimah adalah tujuan pendidikan pada umumnya, terutama lembaga pendidikan pesantren. Pengimplementasian akhlakul karimah dikalangan santri dengan baik, akan dapat membantu diri pribadi santri tersebut dalam bersosialisasi terhadap orang lain serta dapat mengharumkan nama baik almamater yang disandangnya. Adapun di Pondok Pesantren Darul Wasi’ah Simalinyang telah diimplementasikan tata cara berakhlakul karimah, baik terhadap diri pribadi, maupun lingkungan dan terhadap orang lain. Hal tersebut dapat di usahakan melalui contoh langsung dari Abuya dan para guru yang menjadi figur teladan di pesantren tersebut. Namun pada kenyataan masih terdapat sebagian santri yang akhlaknya tidak sesuai dengan kode etik citra moral seorang santri. Hal ini dapat dilihat dari gejala sebagai berikut : 1. Adanya santri yang mengolok-olok kawannya dengan gelaran yang buruk 2. Adanya santri berpakaian ketat diluar lingkungan Pondok Pesantren 3. Tidak menghargai orang yang lebih tua Dari berbagai gejala tersebut diatas maka penulis ingin melakukan sebuah penelitian tentang Implementasi Akhlakul karimah di Kalangan Santri dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Pondok Pesantren Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Akhlakul Karimah di Kalangan Santri. Dalam rangka mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket dan wawancara. Berdasarkan dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa Implementasii Akhlakul Karimah di Kalangan Santri Pondok Pesantren Darul Wasi’ah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat dikategorikan dengan Baik. Hal ini ditunjukan dengan persentase hasil angket 73,15%, yakni berada antara 61% - 80%. Citra sekolah agama yang ingin membangun santri yang bermoral baik masih tergolong standar. Hal ini disebabkan oleh karena faktor internal dan eksternal, faktor internalnya adalah karena kurangnya kesadaran santri terhadap moral yang baik tersebut. Sedangkan faktor eksternalnya adalah karena dukungan lingkungan tempat santri tinggal. Disini santri tinggal bersama-bersama dengan guru yang bisa menjadi contoh atau teladan yang baik bagi mereka. Disamping itu, juga dukungan dari mata pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru tersebut kepada mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:29
Last Modified: 21 Dec 2015 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item View Item