PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Irlina Winata, (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2011_2011787.pdf

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan model pembelajaran Experiential Learning terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMPN 1 Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 dan VII 3 SMPN 1 Hulu Kuantan dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes. Peneliti memberikan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Experiential Learning lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar sebesar 74,78 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 61,95. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:26
Last Modified: 18 Jan 2016 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item