KHOERIYAH MUIZ (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018504PGMI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018504PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018504PGMI.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018504PGMI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018504PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018504PGMI.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018504PGMI.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018504PGMI.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018504PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018504PGMI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018504PGMI.pdf Download (459kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya motivasi belajar dan siswa yang kurang memperhatikan materi yang dijelaskan guru pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SD Negeri 163 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest postest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus test “t”. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di SD Negeri 163 Pekanbaru. Hasil ini diperoleh dari hasil uji analisis menggunkana uji “t” dengan thitung atau to = 12,983 > ttable pada taraf signifikan 1% dan 5% atau (1,685 < 12,983 > 2,426), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Media Gambar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 08:07 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 08:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12983 |
Actions (login required)
View Item |