PENERAPAN TEKNIK NOMINAL GROUP DALAM TATANAN PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 PEKANBARU

Rido Hayati, (2011) PENERAPAN TEKNIK NOMINAL GROUP DALAM TATANAN PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011783.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru setelah penerapan Teknik Nominal Group dalam tatanan pembelajaran SSCS pada pokok bahasan Kubus dan Balok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Teknik Nominal Group dalam tatanan pembelajaran SSCS dalam meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru ? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap Refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VIII.3 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 32 orang dan Objek penelitian ini adalah peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui penerapan Teknik Nominal Group dalam tatanan pembelajara SSCS. Instrument yang digunakan dalam Penelitian ini adalah oservasi, documentasi dan test. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan melalui penerapan Teknik Nominal Group dalam tatanan pembelajaran SSCS. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan Sekolah, Guru dan Siswa. data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti memberi Tes, dan data kemudian di analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Statistic Deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 43,7, sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I 62,5, siklus II 68,1, dan siklus III 84,3. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tndakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik nominal group dalam tatanan pembelajarn SSCS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 14 pekanbaru. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 32 siswa, diperoleh 27 siswa Tuntas dan 5 siswa tidak tuntas, dengan rata-rata ketuntasan klasikal adalah 84,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:23
Last Modified: 18 Jan 2016 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item