PENERAPAN PENDEKATAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH AIR MOLEK

Weslina, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH AIR MOLEK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011782.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Air Molek. Adapun rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Everyone is a Teacher Here dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Air Molek?”. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratkan kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Air Molek pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 22 orang siswa, yaitu 12 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa yang diisi oleh guru bidang studi matematika. Observasi dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan atau tiga kali tindakan dengan menerapkan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru, dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembaran tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata belajar siswa, yaitu dari 57,27 sebelum tindakan menjadi 59,77 pada siklus I 63,40 pada siklus II dan 67,04 pada siklus III setelah menerapkan pembelajaran strategi Everyone is a Teacher Here dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal meningkat sampai 86,36%, dari 22 siswa 19 orang tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:22
Last Modified: 18 Jan 2016 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item