KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MODEL TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

NINA CHARLINA, (2018) KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MODEL TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018488PAI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018488PAI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018488PAI.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018488PAI.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018488PAI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018488PAI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018488PAI.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018488PAI.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018488PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018488PAI.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018488PAI.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar yang dilakukan anak tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan. Di antara mereka mengalami kesulitan dan hambatan dalam kegiatan belajar, dalam hal ini yaitu kesulitan membaca Al-Qur’an. Di antara kesulitan yang dihadapi siswa SMA N 1 Model Tambang ini sebagian siswa kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, sebagian siswa masih ada yang tidak tahu panjang pendek di dalam membaca Al-Qur’an, sebagian siswa masih ada yang terbata-bata di dalam membaca Al-Qur’an, sebagian siswa masih ada yang tidak mengerti dengan hukum-hukum tajwidnya, sebagian siswa masih ada yang salah dalam pengucapan huruf atau Makhrijul Huruf, sebagian siswa masih ada yang belum bisa membedakan huruf-huruf yang hampir sama pengucapannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa dan apa bentuk kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa dan apa bentuk kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Model Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah orang tua siswa dari siswa yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an yang berjumlah 63 orang dan guru pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan rumus persentase sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dengan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa tinggi yaitu 67,93% yang berada antara 61%-80% dan adapun bentuk kerjasama antara guru dengan orang tua adalah Pembinaan bersama terhadap belajar anak Adanya kunjungan ke rumah siswa, Mengadakan komunikasi via telfon antara guru dan orang tua, Pencegahan terhadap proses belajar anak yang mengalami kesulitan belajar, Pemenuhan pembiayaan atau dana pendidikan, Mengadakan pertemuan atau rapat secara langsung antara guru dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:16
Last Modified: 29 Apr 2019 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12948

Actions (login required)

View Item View Item