PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII1 MTS AL-FALAH SIMPANG KANAN ROKAN HILIR

Miswanto, (2011) PENERAPAN METODE CURAH PENDAPAT BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII1 MTS AL-FALAH SIMPANG KANAN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011768.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII1 MTs Al-Falah Simpang Kanan Rokan Hilir setelah diterapkan Metode Curah Pendapat (Brainstorming). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII1 MTs Al-Falah Simpang Kanan Rokan Hilir pada pokok bahasan Bangun Segiempat dan Segitiga dengan penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming)?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan lansung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 MTs Al- Falah Simpang Kanan yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah Penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi adalah data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus chi kuadrat. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar matematika sebelum penerapan dan motivasi belajar matematika setelah penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming). Dengan hasil 2 x =49.333 dan harga kritik chi kuadrat ( 2 x hitung 2 x  tabel) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu (5.99<49.333>9.21). Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Hasilnya ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII1 MTs Al-Falah Simpang Kanan Rokan Hilir melalui penerapan Metode Curah Pendapat (Brainstorming).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:20
Last Modified: 18 Jan 2016 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item