AHMAD KUSAIRI (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018463PAI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018463PAI.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018463PAI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018463PAI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018463PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018463PAI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018463PAI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018463PAI.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018463PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018463PAI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018463PAI.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui bagaimanakah implementasi model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dan faktorfaktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang orang. Berhubung jumlah populasi dalam penelitian kecil, maka penelitian ini tidak menggunakan sampel. Artinya seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa skor implementasi model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh guru A sejumlah 79, guru B sejumlah 78, dan guru C berjumlah 88. Skor secara keseluruhan yaitu guru A, B, dan C sejumlah 245 dengan persentase 77,78%. Artinya implementasi model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tegolong baik karena 77,78% berada di antara 76% - 90%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran adalah faktor psikologis, sarana dan prasarana, paradigma pendidik, faktor sosial, kemampuan guru dalam mengajar, dan faktor kesiapan anak dalam belajar. Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Kontekstual
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 07:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 07:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12904 |
Actions (login required)
View Item |